Jumat, 10 November 2017

Kopi Disarankan Tidak Disimpan di Dalam Kulkas Karena Menyerap Bau Busuk


Sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia untuk menjaga kesegaran berbagai jenis makanan memilih kulkas sebagai tempat penyimpannya. Sebetulnya yang perlu kita pahami bahwa tidak semua jenis makanan itu cocok untuk disimpan di dalam kulkas. 
 
Jenis makanan apa saja yang tidak cocok disimpan di dalam kulkas?
Berikut beberapa makanan yang sebaiknya tidak di simpan dalam kulkas menurut dosen Fakultas Farmasi Universitas Muslim Indonesia, Andi Hasrawati MSi Apt  sebagaimana dilansir fajaronline :

- Kopi
Memunyai kegunaan sebagai adsorben sehingga bisa menyerap bau. Termasuk bau tidak sedap di kulkas sehingga bisa membuat kualitas kopi tidak bagus terutama dari aromanya.

- Madu
Mempunyai banyak kandungan gula sehingga bisa terjadi kristalisasi jika berada dalam suhu dingin. Efek kristalisasi menyebabkan madu mengeras, susah dikeluarkan dalam wadah ketika ingin dikonsumsi. Lagi pula madu tidak perlu di simpan dalam kulkas untuk pengawetan karena sudah bersifat pengawet.

- Pisang
Sebaiknya tidak disimpan di kulkas karena dapat memengaruhi nilai gizi dilihat dari bentuk fisik yang berubah seperti pisang yang akan menghitam diakibatkan senyawa-senyawa teroksidasi.
 
 - Tomat
Begitupun tomat akan mengkerut menandakan semakin berkurangnya kadar airnya.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar