Rabu, 29 November 2017

Lagi, Ini Efek Buruk Aktivitas Nge-Blog. Yang Ketiga Harus Dihindari


Sudah cukup banyak tulisan atau artikel yang membahas dampak buruk akibat aktivitas ngeblog. Berbagai sumber menjadi acuan penulis dalam membuat artikel tersebut. Bisa saja tulisan itu bersumber dari pengalaman pribadi penulis atau yang lain misalnya melalui survey, penelitian dan yang lain.

Tulisan kali ini adalah satu dari sekian banyak dampak buruk yang bisa timbul akibat aktivitas ngeblog, apalagi apabila Anda sebagai blogger pemula. Sudah barang tentu sebagai blogger pemula saat seperti ini Anda sedang rajin dan konsen melakukan aktivitas ngeblog.

Menulis artikel, membaca bahan-bahan artikel atau berkreasi untuk mempercantik tampilan blog merupakan aktivitas yang menarik dan mengasyikan hingga lupa waktu. Tak terasa waktu cepat berlalu melewatkan aktivitas lainnya. Sementara masih banyak aktivitas ngeblog lainnya masih menanti. Inilah pada akhirnya Anda akan terikat terus dengan aktivitas ngeblog. Ada yang mengatakan Anda jadi ketagihan ngeblog, sama to jadinya dengan candu.

Sebagai blogger pemula lebih khusus lagi ini hanya aktivitas sampingan maka tentu akan lebih banyak waktu yang harus Anda korbankan. Kegiatan yang baru ini akan menyita waktu Anda yang mungkin sebenarnya sudah teralokasikan untuk aktivitas yang lain. Lain soal bila blogger ini sudah menjadi profesi, tentu Anda bisa alokasikan waktu khusus yang tidak akan mengganggu aktivitas lainnya.

Berikut beberapa dampak buruk akibat aktivitas ngeblog versi tulisan ini :

Kurang Olah Raga

Sebelum memiliki aktivitas ngeblog sebenarnya Anda telah mengalokasikan waktu untuk melakukan olah raga, misalnya pagi hari sebelum berangkat kantor atau bekerja. Tetapi apa yang terjadi sekarang?

Pagi hari adalah waktu yang menarik untuk ngeblog. Bisa jadi tadi malam dapat insipirasi baru untuk menulis artikel atau baca-baca sumber berita online untuk memperoleh berita yang terupdate dan lainnya. Ini semua akan menyita waktu pagi Anda. Olah raga yang menjadi aktivitas rutin selama ini terbengkalai. Apa efeknya? Tentu kebugaran atau kesehatan Anda bisa terganggu.

Kurang Istirahat

Aktivitas ngeblog yang menarik dan menantang bisa jadi Anda hadapi setiap hari. Tidak jarang Anda akan melakukannya sampai larut malam dengan berbagai alasan. Misalnya, ada ide yang menarik untuk membuat artikel, siang hari tidak sempat karena kerjaan kantor banyak dan alasan lain yang sejenis.

Kondisi ini tentu akan mengganggu waktu istirahat Anda. Dampaknya sudah jelas, Anda akan kurang tidur. Hal ini akan mempengaruhi kesegaran tubuh Anda pada pagi harinya dan dalam jangka yang lama bisa mengganggu kesehatan Anda.

Kurang Ibadah

Ini dampak yang sangat kita takutkan, karena bukan hanya bersifat duniawi saja. Bagi kita umat beragama tentu ibadah merupakan kewajiban. Bagi seorang muslim diluar ibadah yang wajib tentu masih banyak ibadah sunah yang tidak kalah pentingnya dengan ibadah wajib.

Membaca Al Quran atau mengaji, sholat tahajud, pergi ke masjid mengikuti ceramah-ceramah agama merupakan ibadah yang banyak manfaatnya dan besar pula pahalanya. Tentu sayang apabila kita lewatkan. Yang dikhawatirkan adalah waktu ibadah tersebut biasanya juga merupakan waktu yang menarik untuk ngeblog.

Yang menjadi pertanyaan, adakah jaminan dari diri Anda untuk tetap bisa melakukan ibadah itu setelah Anda mempunyai aktivitas yang baru, ngeblog?

Semoga ada manfaat dan bisa diambil hikmahnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar