Selasa, 07 November 2017

Sendiri Bukan Jomblo Tetapi Sendiri yang Positif


Berbeda dengan kesepian, menyendiri adalah keadaan sendirian tanpa kesepian dan bisa menyebabkan kesadaran diri. Ini adalah kegiatan positif, sebab di tengah kesibukan, kita sering kali mudah melupakan momen dengan diri sendiri yang bisa sangat berharga dan bermanfaat.

"Kesendirian adalah unsur kreativitas yang sangat penting dan diremehkan," kata Susan Cain, penulis buku "Quiet". "Dari Darwin ke Picasso sampai Dr. Seuss, pemikir terbesar kita sering kali bekerja dalam kesendirian."

Menyendiri merupakan kebutuhan sebab bisa memberi kekuatan untuk mengatur dan menyesuaikan hidup. Juga bisa mengisi ulang energi dengan baik.

Sebuah penelitian UCLA menunjukkan bahwa waktu reguler yang disisihkan untuk diri sendiri, duduk dalam keheningan, dan beristirahat secara mental, dapat meningkatkan kemampuan kita untuk memproses informasi.

Studi yang diterbitkan melalui National Library of Medicine menemukan bahwa paparan keheningan yang berkepanjangan sebenarnya dapat menyebabkan otak memproduksi sel baru.

Menurut penelitian, terpapar keheningan dalam jumlah tertentu per hari mendorong perkembangan sel di hippocampus, wilayah otak terkait dengan pembentukan memori, yang melibatkan indra.

Menyendiri juga dapat meningkatkan kesadaran diri. Dalam diam, seseorang bisa menjadi lebih sadar akan emosi dan pikiran, serta terlibat dalam refleksi.

Bersantai sendirian dapat membuat seseorang selaras dengan suara batinnya. Kesadaran yang disempurnakan ini dapat menyebabkan pengendalian diri lebih besar.

Diam membawa kesadaran kita kembali ke masa kini. Kecerdasan Emosional (EQ) adalah kemampuan Anda untuk mengenali dan memahami emosi pada diri sendiri dan orang lain. Kesadaran diri adalah dasar kecerdasan emosional.

Dengan menyendiri, Anda bisa melakukan praktik mindfulness. Mengabaikan dan mengubur emosi negatif, hanya menyebabkan mereka terwujud dalam stres, kegelisahan, kemarahan, dan insomnia.

Strategi untuk melepaskan emosi bisa dilakukan salah satunya dengan duduk dalam diam dan berpikir secara rinci tentang apa yang memicu emosi negatif.

Menyendiri membuat Anda mengenal diri dan nyaman dengan diri sendiri. Saat sendirian, Anda bisa membuat pilihan tanpa pengaruh dari luar. Itu akan membantu Anda mengembangkan lebih banyak wawasan tentang siapa diri Anda.

Mengenal diri sendiri juga memberikan kesempatan untuk merencanakan hidup sebaik-baiknya.

Menghabiskan waktu sendiri dapat memberi kesempatan untuk memastikan ada tujuan untuk semua kesenangan dan kesibukan Anda.

Ruang yang tenang memberi kesempatan untuk memikirkan tujuan, kemajuan, dan perubahan yang ingin Anda buat dalam hidup. 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar