Kamis, 23 November 2017

Sudah Yakin Mobil Anda Aman Untuk Dipakai Bepergian Jauh? Cek Dulu 5 Hal Ini!





Siapa yang tidak menyukai hari libur? Biasanya jika hari libur sudah datang pasti momen ini akan dimanfaatkan oleh Anda sekeluarga untuk pergi berlibur ke tempat jauh menggunakan mobil pribadi. Namun tahukah Anda dengan kemacetan di jalanan yang luar biasa akan menyebabkan mobil Anda mengalami overheating dan kenyamanan pun pasti terganggu.

Agar terhindar dari hal serupa, alangkah baiknya Anda cek dahulu persiapan mobil sebelum dipakai untuk perjalanan jauh misalnya untuk liburan atau mudik, berikut ini tipsnya : 

1. Periksa Ruang Mesin

Mesin tentunya menjadi komponen yang paling penting pada sebuah kendaraan. Anda bisa menyalakan mesin dan memperhatikan suara mesin yang dihasilkan, apakah kira-kira suaranya normal atau tidak. Juga bisa lakukan tune up kendaraan agar dapat menyegarkan kondisi mesin mobil.

2. Periksa Perangkat Pendukung Mobil

Ketika di perjalanan tentunya akan menghadapi hal yang tidak diinginkan baik terhadap mobil atau diri Anda sendiri, sehingga perangkat pendukung mobil ini perlu dibawa misalnya dongkrak, ban cadangan, kotak P3K serta pastikan mobil Anda terpasang perangkat insulasi jenis polyester insulation pada bagian dalam kap mobil untuk menyerap panas berlebih yang masuk kedalam agar tetap nyaman selama berada di dalam mobil. 

3. Periksa Ban dan Rem Kendaraan

Demi keselamatan selama berkendara jauh, tekanan ban harus diperhatikan agar kendaraan memiliki handling yang baik, tekanan ban dianjurkan 28 psi atau pada tekanan 30 psi atau lebih untuk kendaraan berpenumpang penuh. Tekanan ban juga akan berpengaruh pada suspensi kendaraan. Selain itu rem juga harus diperiksa, Anda bisa mengganti minyak rem dengan yang baru agar kondisi rem tetap baik. 

4. Ganti Oli

Berada di perjalanan dalam waktu tempuh yang lama di siang hari tentunya beresiko terjadi overheating pada kendaraan sehingga mengganti oli ini menjadi hal penting agar proses kenaikan suhu mesin menjadi lebih lama. Selain itu, untuk membantu mengatasi overheating, sebaiknya menggunakan coolant untuk air radiator

5. Lakukan Test Drive

Untuk lebih bisa merasakan respon mobil terutama masalah setir, ban dan suspensi, alangkah baiknya Anda melakukan test drive terlebih dahulu. Hal ini tentunya juga sebagai upaya pencegahan terhadap adanya kerusakan pada mobil Anda.

Tips diatas tentunya akan sangat bermanfaat bagi Anda sebagai upaya antisipasi, namun adakalanya mobil juga harus diservis secara berkala ke bengkel otomotif terpercaya yang tentunya memiliki peralatan bengkel yang bermutu dan berkualitas. Semoga liburan Anda dapat tetap berlangsung dengan nyaman. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar