Rabu, 22 November 2017

Tahukah Kamu Istilah Jumlah Gol Dalam Sepakbola?

 
Banyak lho yang belum tahu istilah atau penyebutan jumlah gol yang dicetak seorang pemain dalam satu pertandingan sepakbola. Mungkin untuk istilah hattrick kamu semua sudah sering mendengar dari penyiar TV, Radio atau komentator sepakbola, apalagi kalau kamu sebagai pecinta sepakbola.  Ya, hattrick ini adalah istilah yang dipakai ketika seorang pemain mencetak 3 gol dalam satu pertandingan.

Terus kira-kira apa istilahnya ya untuk jumlah gol yang lain? Berikut ini jawabannya.
 
BRACE 
 
Brace, termyata adalah istilah untuk jumlah 2 gol yang dilesakkan oleh satu orang dalam satu pertandingan.  Istilah ini mungkin  jarang terdengar karena nampaknya mencetak 2 gol dalam satu pertandingan kurang istimewa apalagi buat pesepakbola profesional. Tapi biarpun begitu, istilah ini tetep sah, dan kadang buat disebutkan kok, biasanya media Inggris atau komentator pertandingan di sono suka pake juga istilah ini, dengan menyebutkan istilah "bagged a brace" untuk pemain yang mencetak 2 gol dalam satu pertandingan. 
 
HATTRICK
 
Ini nih istilah yang paling populer. Hattrick atau hat-trick. Hattrick adalah istilah yang diberikan ketika seorang pemain sepakbola mampu melesakkan 3 gol ke gawang lawan dalam satu pertandingan. Buat para pemain sepakbola internasional atau dunia, hattrick mungkin bukan sesuatu yang terlalu sulit, yaaa biarpun nggak bisa dibilang gampang juga.

Hattrick juga punya variasi lainnya, yaitu perfect hattrick, seseorang dikatakan mencetak perfect hattrick apabila ketiga golnya tercipta oleh 3 bagian tubuh yang berbeda, yaitu kaki kanan, kaki kiri, dan kepala.
 
 QUATTRICK 
 
Selanjutnya adalah istilah untuk 4 gol yang disarangkan oleh satu orang ke gawang lawan dalam satu pertandingan. Quattrick namanya. Tapi ada juga beberapa orang yang ngasih istilah "haul", atau "ham bone" untuk 4 gol yang tercipta dalam satu pertandingan ini. Dan khusus untuk istilah Spanyol quattrick ini biasanya disebut "poker".

QUINTRICK 
 
Quintrick, istilah untuk 5 gol yang tercipta dalam satu pertandingan, oleh satu orang. Sulit? Pasti. Tapi bukan mustahil ya, pemain-pemain kelas dunia seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, atau Alan Shearer pernah kok beberapa kali mencetak quintrick. Bahkan Robert Lewandowski pernah membuat quintrick hanya dalam waktu 9 menit saja. Gokil!

Selain quintrick, ada juga yang menyebut 5 gol dalam satu pertandingan itu "glut", atau dalam istilah Spanyol biasa disebut "Re-Poker".
 
DOUBLE HATTRICK 
 
Kalo hattrick itu 3 gol, maka untuk menyebut orang yang mencetak 6 gol dalam satu pertandingan cukup tambah "dobel" aja. Ya, double-hattrick sebuah hattrick yang digandakan, alias 6 gol dalam satu pertandingan.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar