Selasa, 05 Desember 2017

Beragam Othok-Othok, Sebutan untuk Beberapa Mainan Anak di Jogja yang Melegenda


Perayaan atau even sekaten seperti saat ini yang sedang berlangsung hampir tidak bisa dilepaskan dengan pedagang yang khusus menyediakan mainan tradisional khas anak-anak. Sekaten di Alun-Alun Utara Kraton Jogja selalu menarik ketika dikunjungi. Selain pedagang mainan tradisional anak, juga bisa djumpai kumpulan kios pedagang lainnya hingga berbagai macam kuliner yang ditawarkan dalam acara menyambut maulid Nabi Muhammad SAW ini.

Satu diantara mainan anak tradisional yang menarik adalah mainan anak yang biasa warga setempat menyebut dengan Othok Othok. Nama ini disematkan tidak hanya pada satu jenis mainan saja, namun ada beberapa jenis mainan. Apa saja itu? Berikut ini 3 jenis mainan dengan nama yang sama yaitu Othok-Othok.

Othok-Othok Kapal mainan

Mainan ini sangat sederhana, terbuat dari lempengan seng yang dibentuk dan disusun menjadi sebuah miniatur kapal. Cara memainkannya juga mudah, kita hanya menyiapkan sumber tenaga yang berasal dari api.

Api tersebut dihasilkan dari kapas yang telah dibasahi menggunakan minyak goreng sebagai bahan bakar.

Sebelum memasukkan api ke bagian dalam kapal tersebut terlebih dahulu kita memenuhi corong pipa bawah kapal dengan air hingga penuh. Setelah pipa bawah kapal terisi penuh air barulah kita taruhkan api sebagai pemanas kapal tersebut. Jika berhasil kapal akan bergerak dan berbunyi tok tok tok.

Jenis mainan buatan tangan ini sudah hampir tergeser bahkan tergantikan oleh mainan pabrikan yang harganya jauh lebih murah dan bervariatif. Namun nilai sejarah dan kenangan kapal-kapalan ini menjadi sebuah kelebihan tersendiri.


Othok-Othok Bunyi-Bunyian
 

Terbuat dari bambu yang dibentuk sedemikian rupa dengan sindik bambu dan gerigi dari seng/tembaga, bila diputar akn mengeluarkan bunyi dari tabung bambu yang terkena pukulan dari bambu ketika diputar.
Othok-Othok Dorongan
 

Jenis permainan ini cara kerjanya sama seperti othok-othok bunyi-bunyian, bedanya ini dimainkan dengan didorong

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar