Selasa, 16 Januari 2018

Inilah 5 Negara dengan Nilai Uang Setara Rupiah


Kadang kita punya pemikiran betapa rendahnya nilai mata uang kita rupiah dibandingkan dengan mata uang negara lain. Namun setelah membaca artikel ini pikiran itu seharusnya sudah tidak ada lagi di benak anda.

Kenapa? Ternyata masih ada beberapa negara yang mempunyai mata uang dengan nilai yang setara atau bahkan lebih rendah dari negara kita Indonesia. Negara mana saja itu?

Dikutip dari KompasTravel, berikut ini beberapa negara dengan nilai tukar uang setara atau lebih rendah dari rupiah.

1. Vietnam

Vietnam memiliki mata uang bernama dong. Saat artikel ini ditulis, satu dong sama dengan 0,5 rupiah. Sebagai gambaran bersantap di gerai restoran cepat saji asal Amerika Serikat di Vietnam dihargai sekitar 70.000 dong atau setara Rp 40.000. Kabar gembiranya tidak perlu visa ke Vietnam karena termasuk negara Asia Tenggara sehingga jadi bujet dapat lebih ditekan.

2. Nepal

Negara lain yang terkenal murah dikalangan pelancong Indonesia adalah Nepal. Saat ini 1 nepal rupee setara dengan Rp 131. Dilansir dari situs penghitung biaya hidup Numbeo, biaya hidup di Kathmandu, Nepal lebih rendah 22,54 persen dari di Indonesia.

Rata-rata harga makanan di warung makan Nepal sekitar 250 nepal rupee atau setara Rp 32.000. Nepal juga termasuk salah satu negara yang menerima wisatawan asal Indonesia dengan visa on arrival sehingga lebih mudah dalam proses masuk Nepal.

3. Iran

Negara Persia ini menarik untuk dikunjungi. Selain memiliki situs sejarah dengan arsitektur indah, Iran juga terkenal murah.

Satu real iran setara dengan 0.35 rupiah. Biaya hidup di Tehran, Iran peringkat 455 dari 529 negara di dunia. Satu kali makan di restoran standar Iran sekitar 150.000 real atau setara Rp 50.000. Iran juga menerapkan kebijakan visa on arrival untuk wisatawan asal Indonesia.

4. Belarusia

Walaupun biaya hidup di Eropa mahal, ada satu negara yang ternyata nilai tukar uangnya hampir mirip dengan Indonesia. Negara tersebut adalah Belarusia. Satu rubel, mata uang Belarusia setara dengan 0,7 rupiah. Biaya hidup di Minsk, ibu kota Belarusia bahka 23,97 persen lebih murah dari Jakarta.

5. Paraguay

Salah satu negara eksotis di Amerika Selatan, Paraguay terkenal akan biaya hidup yang rendah. satu guarani paraguay setara dengan 2,4 rupiah. Biaya makan di restoran cepat saji asal Amerika Serikat di sana sekitar 25.000 guarani atau setara Rp 60.000.

Nah, bagaimana menurut anda? Dengan nilai tukar uang setara atau lebih rendah dari rupiah di beberapa negara tersebut, kurang lebih sama bukan harga-harga kebutuhan hidup. Negara-negara tersebut tentu bisa di jadikan alternatif destinasi wisata anda yang menarik.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar