Minggu, 21 Januari 2018

Inilah Bahaya yang Bisa Timbul karena Kebanyakan Minum Air Putih


Air memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun, sebaiknya konsumsilah dengan jumlah yang cukup, tidak kurang atau berlebih. Kurang dan kebanyakan minum air putih sama-sama berakibat buruk untuk tubuh, terutama bagi ginjal.

“Yang baik adalah minum air putih dengan cukup. Untuk orang dewasa, rata-rata 2,5 hingga 3 liter per hari,” kata Tunggul D Situmorang, dokter ahli penyakit ginjal dari RS MRCCC Siloam, saat dihubungi CNN Indonesia, Selasa (20/1).

Menurut Tunggul, kebanyakan minum air akan membuat ginjal mengalami hiperfiltrasi. Akibatnya, ukuran ginjal akan lebih besar. Pada orang normal, kondisi ini masih bisa ditoleransi oleh ginjal. Namun, akibatnya bisa fatal pada penderita gangguan ginjal.

“Pada orang sakit ginjal atau orang dengan satu ginjal, tidak boleh terlalu banyak minum. Karena ginjalnya tidak berfungsi dengan baik, terlalu banyak minum akan mengakibatkan hiperfiltrasi dan ginjal bengkak. Kerja jantung juga akan payah,” ujarnya.

Meski begitu, kebanyakan minum air tetap berakibat buruk pada orang dengan ginjal normal. Dijelaskan Parlindungan Siregar, ahli ginjal hipertensi FKUI RSCM, seperti dikutip dari detikHealth, kelebihan air di dalam tubuh dapat mengakibatkan penurunan kadar natrium dalam darah.

Kekurangan natrium dapat mengakibatkan kantuk dan cepat lelah. Keadaan ini juga mengakibatkan cairan tubuh akan menjadi encer dan jumlahnya menjadi berlebihan. Akibatnya sel-sel di tubuh akan membengkak, diikuti dengan pembengkakan otak hinga menyebabkan kejang bahkan kematian.

“Keseimbangan air diatur oleh ginjal. Jumlah air yang masuk harus sama dengan air yang dikeluarkan. Secara rata-rata 2,5 sampai 3 liter,” kata Tunggul. (cnnindonesia)
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar