Sabtu, 06 Januari 2018

Inilah Hebatnya Kunyit Bisa Sembuhkan Penderita Kanker Darah


Bagi kita orang Indonesia tentu sudah cukup familiar dengan salah satu jenis rempah ini yaitu kunyit.  Khususnya bagi ibu-ibu rumah tangga hampir tidak pernah ketinggalan menggunakan rempah ini untuk campuran bumbu masakan.  Dibalik manfaatnya untuk bumbu masakan, kunyit juga sudah sejak lama dikenal sebagai herbal tradisional. Tidak sedikit orang yang menjadikannya sebagai obat untuk penyembuhan berbagai penyakit.
Adalah Dieneke Ferguson (67) wanita asal London utara Inggris ini sebagai salah satu wanita yang telah memanfaatkan kunyit untuk penyembuhan penyakit kanker darah yang dideritanya. 

Pada awalnya dia sempat membuat para dokter yang menanganginya khawatir karena dia memutuskan berhenti menjalani kemoterapi. Namun pada kesempatan lain, nenek ini justru membuat para dokter terkejut.lantaran bisa sembuh dari kanker darah yang selama ini dia derita.

Ketika ditanya apa yang dia lakukan sehingga bisa sembuh, Dieneke mengatakan dia mengonsumsi tablet yang berisi rempah-rempah dan kunyit. Sebelumnya dia harus menjalani tiga putaran kemoterapi dan empat transplantasi sel induk, agar penyakit myeloma kanker darah diobati. Selama menjalani itu semua, dia merasakan sakit punggung yang terus-menerus dan itu membuatnya takut.

Dilansir dari metro.co.uk, Dieneke memutuskan untuk meminum 8g tablet kunyit setiap harinya selama bertahun-tahun, tanpa melanjutkan terapi lebih lanjut.



Dia mengatakan jumlah sel plasmanya sekarang bukan lagi sebuah masalah dan kualitas hidupnya menjadi lebih baik.

Sel plasma adalah jenis darah putih, di mana orang yang mengalami myeloma, sel plasmanya menjadi abnormal dan berkembang tak terkendali.

Pengalaman Dieneke yang sembuh dari kanker darah berkat kunyit ini sempat ditulis dalam British Medical Journal Case Reports oleh dokter yang menanganinya dari Barts Health NHS Trust di London.

"Dalam pengetahuan kami, ini adalah laporan pertama di mana kurkumin (kandungan kunyit) telah menunjukkan respons obyektif terhadap penyakit progresif tanpa ada pengobatan konvensional," tulis dokter yang tidak disebutkan namanya ini.

Menurut pendapat ahli, tablet kunyit yang dikonsumsi Dieneke mengandung kurkumin level tinggi. Tidak mungkin mengobati kanker dengan kunyit dapur biasa, karena hanya mengandung 2% kurkumin.

Maka, diperlukan penelitian dalam skala yang lebih besar untuk mengetahui hasil pastinya. Myeloma menyerang lebih kurang 5.500 orang di Inggris setiap tahunnya dan membunuh hampir 3.000 orang.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar