Kamis, 25 Januari 2018

Tahukah Anda Ternyata Bekicot Menjadi Makanan Mewah Orang Prancis


Apa yang terpirkirkan dalam benak kita jika mendengar tentang bekicot? Pasti itu tentang hewan berlendir dan menjijikkan yang bahkan menyentuhnya saja tak sudi.

Padahal, bekicot yang dikira banyak orang menjijikkan adalah makanan kesukaan orang Prancis yang biasanya disebut escargot. Escargot dijadikan menu mewah dan mahal harganya di Prancis. Eskargot/bekicot yang dikonsumsi orang Prancis adalah bekicot jenis achatina fulica.

Bekicot sendiri merupakan sumber protein hewani yang bermutu tinggi karena mengandung asam amino esensial yang lengkap.

Biasanya escargot dimasak dengan saus yang terbuat dari bawang putih, peterseli, dan mentega sebagai hidangan pembuka.

Orang-orang Prancis mengatakan rasanya sangat lezat, bahkan ada restoran-restoran tertentu yang disediakan khusus untuk penikmat escargot.

Harga bekicot di Prancis berkisar Rp. 51.500 per 6 bekicot yang telah direbus, bekicot yang telah diolah harganya akan lebih mahal lagi.

Jumlah escargot yang dikonsumsi orang Prancis setiap tahunnya dalah 25 ribu ton bekicot atau sekitar 700 juta bekicot.

Meskipun Prancis sendiri telah memiliki peternakan bekicot, namun hasil peternakan tidak dapat mencukupi kebutuhan masyarakat Prancis akan bekicot. Oleh karena itu, Prancis biasanya mengimpor bekicot dari Yunani, Turki, negara-negara Eropa Timur dan Indonesia termasuk salah satunya.

Tahun 2014, Indonesia menyumbang 4% dari jumlah keseluruhan bekicot yang diimpor Prancis. Escargot dari Indonesia kebanyakan diproduksi di daerah Kediri, Jawa Timur.
 
 
Nah, jika orang Prancis saja suka impor bekicot dari Indonesia, apa kita sebagai orang Indonesia asli masih merasa jijik dengan keberadaan bekicot? (intisari)
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar