Senin, 12 Februari 2018

5 Tanda Awal ini Bisa Anda Cek Sendiri untuk Mengetahui Kesehatan Anda


Apabila tubuh kita mengalami gangguan kesehatan, biasanya akan menunjukkan tanda-tanda pada tahap awalnya. Nah, tanda-tanda awal ini ada dari kita yang sudah mampu mengenali  namun tidak sedikit pula yang belum tahu cara mengenali.

Dikutip dari inisari, inilah
5 tanda-tanda awal pada seorang pria apakah mereka sehat atau tidak menurut Jacob Franek, seorang spesialis manajemen stres, sering menulis isu-isu kesehatan di AskMen.

1. Warna kuku

Mungkin Anda tidak pernah berpikir bahwa kuku dapat menentukat kondisi kesehatan kita. Begitulah kenyataannya.

Dalam kondisi sehat, kuku berwarna merah muda, kuat, dan lembut. Perubahan mencolok pada kuku bisa bisa menjadi tanda bahwa Anda menderita suatu penyakit.

Misalnya, kuku berwana kuning tebal yang tumbuh lamat menunjukkan bahwa Anda menderita penyakit pernapasan seperti bronkitis kronis.

Atau jika ada garis melengkung pada permukaan kuku yang biasa disebut garis beau, bisa saja Anda terkena diabetes.

Kemudian kuku berbentuk sendok menunjukkan kekurangan zat besi.

2. Warna urine

Seseorang yang sehat, urin biasanya berwarna kuning pucat. Warna kekuningan urin bisa bervariasi tergantung jumlah cairan yang dikonsumsi.

Ketika mengonsumsi banyak air biasanya urin cenderung berwarna kuning jernih.

Tetapi ketika mengalami dehidrasi, warna urin berubah menjadi cokelat gelap seperti teh.

Jika ada bau manis, bau aneh, setetes darah, atau perubahan signifikan dalam urin yang tidak ada hubungannya dengan obat-obatan, makanan atau suplemen yang sedang dikonsumsi, sebaiknya segera mengecek urin Anda ke laboratorium.

3. Volume ejakulasi 2 – 5 ml

Pada usia subur, ejakulasi pria sehat harus sekitar 2 – 5 ml. Jika kurang dari itu, menunjukkan bahwa Anda berada dalam kondisi kurang subur.

Kondisi ini disebut hypospermia, suatu kondisi yang mempengaruhi kesuburan pria.

Selain volume, warna dan konsistensi dari air mani juga menunjukkan kondisi tubuh. Semen pria sehat harus putih atau abu-abu dan lengket.

Bila ada darah atau tidak tebal, bisa mengindikasikan masalah kesehatan pada tubuh Anda.

4. Denyut jantung

 
Nilai denyut jantung bervariasi sesuai dengan usia seseorang, biasanya berkisar 70 dan 75 bpm. Bagi pria dewasa denyut sebesar 60 – 100 bpm dianggap normal.

Nah, jika tingkat denyut jantung di luar ukuran itu berarti Anda memiliki masalah kesehatan yang cukup serius.

5. Elastisitas kulit

Elastisitas kulit biasanya digunakan untuk menilai tingkat hidrasi tubuh. Kulit yang kusam dan tidak elastis berarti tubuh Anda kekurangan cairan.

Cara mudah menguji elastisitas kulit, cubitlah kulit di punggung tangan. Bila kembali ke posisi semula itu menunjukkan kulit Anda sehat.

Bagaimana dengan Anda, sehatkah Anda? 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar