Kamis, 22 Februari 2018

Pantai Ngeden, Destinasi Pantai di Gunungkidul yang Masih "Perawan"


Obyek wisata pantai masih menjadi unggulan destinasi wisata di kota Gaplek Kabupaten Gunungkidul. Satu pantai yang belum cukup dikenal yang patut dikunjungi adalah Pantai Ngeden, yang terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul.

Pantai Ngeden ini masih alami alias masih perawan. Airnya jernih, vegetasi yang ada di sekitar pantai pun tumbuh subur. Rumput laut tumbuh bersebaran di sela karang-karang dan tersebar di bibir pantai. Ikan-ikan kecil warna-warni juga banyak ditemukan di sini.

Garis pantai Ngeden memang tak terlalu lebar, sekitar 100-150 meter, tetapi ombaknya yang berdebur, dan pasir putih yang menyelimutinya jadi pesona tersendiri.

Menuju Pantai Ngeden

Untuk menjangkau pantai ini tidak begitu sulit, jaraknya pun tak terlalu jauh. Pantai ini bisa dijangkau dari pusat kota di Wonosari, sekitar 28 kilometer melalui Jalan Raya Panggang Wonosari, atau 35 kilometer melalui Jalan Baron.

Kondisi jalan juga cukup bagus, meski ada beberapa ruas jalan yang masih berlubang dan belum beraspal. Namun, kendaraan ukuran bus sedang masih dapat lewat.

Menurut warga sekitar, pantai ini bisa dikatakan masih perawan, karena belum banyak wisatawan yang berkunjung ke sini. Alamnya masih asri, lautnya biru, dan pemandangan sekitar pantai yang indah. Layaknya seperti perawan, yang cantik dan indah.

Asal usul nama Pantai tersebut kenapa dinamakan Ngeden sampai sekarang belum diketahui. Menurut penuturan sejumlah orang, Ngeden itu dari kata Ngedan yang artinya menggila.

Namun terlepas nama yang kurang pas itu, pesona pantai ini tetaplah indah. Pantai ini sendiri baru beberapa tahun dikembangkan. Saat ini pun masih dalam tahap pembangunan.

Selain pantai, pengunjung juga dapat melihat pemandangan laut di puncak bukit pantai yang berjarak kurang lebih 400 meter. Di atas puncak bukit, wisatawan dapat melihat pemandangan laut yang begitu jelas. Di sini jadi spot untuk melihat sunset yang tak kalah indah dibandingkan pantai lain.

Tak hanya untuk wisata saja, para pemancing dan pegiat hobi memancing dari dalam maupun luar kota ini pun menjadikan pantai ini sebagai lokasi memancing ikan. Mereka memancing melalui tebing-tebing atau langsung ke bibir pantai di laut Pantai Ngeden yang terkenal banyak ikannya.

Kalau di Gunungkidul mau mancing di mana, jawabannya pasti di Pantai Ngeden. Di sini memang jadi pilihan spot memancing bagi para pemancing,

Berbagai fasilitas juga telah disediakan dari pengelola, seperti lahan parkir, toilet, gazebo, tempat kuliner. Lahan di bibir pantai pun juga dapat digunakan untuk camping atau berkemah untuk menikmati keindahan pantai di malam hari.

Anda berminat berkunjung?  Kesempatan bagi anda yang menginginkan melepas penat sejenak di tempat yang tenang. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar