Kamis, 01 Maret 2018

Benarkah Mitos Cegah Mabuk Durian dengan Minum Air dari Kulitnya?



Banyak orang menantikan saat musim durian untuk berburu buah yang satu ini. Durian memang menjadi salah satu primadona buah di Indonesia Pada saat musimnya tentu harganya lebih murah sehingga bisa makan dan menikmatinya lebih puas. Tak jarang pula pada saat tersebut orang-orang mengadakan pesta durian.

Namun perlu dingat, terlalu banyak mengonsumsi durian tidaklah baik untuk kesehatan tubuh. Durian yang dikonsumsi terlalu banyak akan membuat tenggorokan tidak nyaman, menyebabkan panas dalam atau mabuk durian.

Ada mitos bahwa untuk mencegah panas dalam atau mabuk durian adalah dengan minum air dari kulitnya. Bagaimanan kebenaran tentang hal ini?

Seperti ditulis intisari online bahwa menurut penelitian yang dilakukan universitas di Inggris dan Thailand dalam Carbohydrate Polymers, kulit durian mengandung zat pektrin, yaitu senyawa golongan karbohidrat yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit.

Meski demikian, masih perlu dilakukan penelitian yang lebih lanjut lagi untuk memastikan mencegah panas dalam dengan minum air dari kulit durian akibat mabuk durian memang berkhasiat atau tidak.

Selain itu, ternyata buah khas Asia Tenggara ini juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, berikut diantaranya :

1. Membantu Melancarkan

Pencernaan Durian memiliki tekstur daging yang lembut dan rasanya manis cenderung creamy. Meski rasa dan teksturnya berbeda dari buah lain, durian tetap kaya serat yang berguna untuk membantu melancarkan pencernaan. Selain melancarkan pencernaan, serat yang ada di dalam durian juga bisa mengurangi kembung, mulas, kram, sembelit, dan mengatasi penyumbatan di usus.

2. Menenangkan Pembuluh Darah

Ternyata, durian juga mengandung potassium, sama seperti pisang. Potassium adalah zat yang bertugas menyeimbangkan kandungan garam dan cairan yang ada di dalam tubuh kita. Jika potassium di dalam tubuh kita dalam keadaan cukup, embuluh darah pun akan menjadi tenang. Saat pembuluh darah sudah tenang, stress pun akan berkurang.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Durian juga mengandung magnesium, mangan, dan tembaga. Zat-zat itu bisa membantu pertumbuhan tulang, lo! O iya, kandungan potassium yang ada di dalam durian juga bisa meningkatkan penyerapan nutrisi oleh sel-sel tubuh.

4. Membantu Tidur

Lebih Cepat Durian juga mengandung tryptophan. Jika zat tryptophan yang ada di dalam durian masuk ke dalam otak, zat itu akan diubah menjadi serotonin. Serotonin dalam jumlah yang banyak bisa mendorong produksi hormon melatonin. Nah, hormon melatonin inilah yang bisa menyebabkan kita mengantuk dan juga merasa rileks.

5. Mencegah Anemia

Kandungan lain yang ada di dalam durian adalah asam folat, zat besi, dan tembaga. Zat-zat itu cukup penting untuk produksi sel-sel darah merah. Jadi, durian itu baik dan bisa dikonsumsi oleh penderita anemia.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar